Menjadi Sobat Bumi Sebagai Bentuk Nasionalisme Diri

Sobat blogger kita semua tahu bahwa Bumi Indonesia yang kita singgahi sekarang ini telah begitu tua. Bumi kita ini telah berusia ratusan juta tahun. Pernah tidak, kita sebagai manusia yang tinggal dan memanfaatkan seluruh fasilitas dan energi yang ada di Bumi – lantas terfikir kontribusi apa yang sudah diberikan bagi Bumi? Bumi – sobat, telah menjadi tempat terbaik untuk kita tinggali sekaligus sebagai penyedia segala kebutuhan hidup kita. Bahkan bumi juga menyediakan energi agar kehidupan di permukaannya dapat terus berlangsung. Semestinya kita banyak bersyukur pada Pencipta Bumi ini. Bagaimana cara bersyukur? Salah satu cara untuk bersyukur adalah dengan mulai menjaga kelestarian Bumi Indonesia ini, beserta seluruh bentuk energi yang ada di dalamnya. Paling tidak hal tersebut sebagai bentuk hubungan timbal balik atas apa yang selama ini bumi berikan demi kelangsungan hidup kita umat manusia.
Apabila kita memberikan sesuatu kebaikan terhadap bumi pasti bumi juga akan memberikan kebaikan-kebaikannya pada kita. Demikian pula sebaliknya, jika kita tidak menjaga Bumi ini dengan baik bahkan melakukan pengrusakan lingkungan, kita akan merasakan bahwa Bumi semakin tidak bersahabat. Menyedihkan sekali mengingat saat ini pun telah terjadi pemanasan global (global warming), efek rumah kaca (green house effect) dan kerusakan lingkungan. Tapi tidak ada kata terlambat untuk segera menyadari dan berusaha memperbaiki itu semua.
#Menjadi “Sobat Bumi”, Sebuah Keniscayaan
Bumi Kita (sumber)

Untuk menjaga kelestarian Bumi kita bisa memulainya dengan menjadi “Sobat Bumi“. Mengapa harus menjadi “Sobat Bumi“? Karena saat memposisikan diri sebagai seorang sahabat, kita pasti akan selalu memperhatikan, menjaga, menyayangi bahkan melindungi Bumi ini, Bumi Indonesia. Dan siapapun tentu berhak menjadi Sobat Bumi, karena selagi masih hidup – kita tidak mungkin terlepas dari kebutuhan/ketergantungan pada Bumi beserta seluruh energi yang ada di dalamnya.  Dengan turut menjadi Sobat Bumi sesungguhnya secara langsung
maupun tidak kita telah menjaga Bangsa sebagai bentuk Nasionalisme diri.

Nah untuk menjadi Sobat Bumi kita bisa mendukung Pemerintah Indonesia, dalam hal ini Pertamina -salah satunya dengan mengembangkan dan memberdayakan energi alternatif yang ramah lingkungan. Energi yang tidak hanya bermanfaat bagi kita umat manusia, tapi juga bermanfaat bagi kelestarian lingkungan hidup. Pertamina telah menjadi pilar pembangunan nasional melalui sektor energi. Dimana dengan visi baru sebagai perusahaan kelas dunia dan konsep bauran energi Pemerintah, Pertamina secara bertahap akan lebih memberdayakan sumber energi ramah lingkungan dan sumber energi terbarukan.

#Mengapa harus menggunakan Energi Alternatif?
Sobat, alasan mengapa kita perlu untuk mulai mengembangkan energi alternatif/ terbarukan di Indonesia yaitu karena minyak bumi, batu bara dan gas alam yang ada di negeri ini adalah sumber energi fosil yang tidak terbarukan dan sudah pasti suatu saat akan habis. Selain itu emisi gas pembuangan dari bahan bakar fosil juga dinilai lebih banyak merusak lingkungan. Maka dari itu sudah semestinya mulai dikembangkan energi alternatif/ terbarukan yang lebih bersahabat dengan lingkungan. Dan beberapa dari sumber energi alternatif/ terbarukan yang mungkin diterapkan di Indonesia, antara lain :
1. Energi Surya
Energi surya merupakan sumber energi paling berlimpah yang berasal dari sinar matahari yang ramah lingkungan karena tidak memancarkan emisi karbon berbahaya. Lagipula Indonesia merupakan Negara yang terletak pada garis khatulistiwa yang mendapatkan sinar matahari dengan cukup sepanjang tahun. Berikut beberapa contoh Pembangkit Energi Surya.
Pemanas Air Tenaga Surya (sumber)
A. Pemanas Air Tenaga Surya, memanaskan air untuk digunakan di dalam rumah dan kolam renang air panas. Pada panel surya di atap sebuah gedung terdapat pipa air, ketika matahari menerpa panel dan pipa, sinar matahari akan menghangatkan panel tersebut dan air panas pun dapat digunakan.
Listrik Panas Matahari (sumber)

B. Listrik Panas Matahari, menggunakan cermin yang sangat melengkung (parabola) untuk memfokuskan sinar matahari pada pipa air di titik pusat di bagian atas cermin kurva. Cermin memfokuskan sinar matahari untuk mengarah ke pipa, dan panas matahari itu akan mendidihkan air menjadi uap yang digunakan untuk menggerakkan turbin untuk menghasilkan listrik. Di gurun Mojave California, ada barisan cermin surya yang diatur menggunakan ide ini untuk memproduksi listrik bagi lebih dari 350.000 rumah.

Central Tower Plant (sumber)
C. Central Tower Power Plantdimana sinar matahari memantul pada 1.800 cermin (heliostat) yang mengelilingi menara tinggi dan terus bergerak untuk menghadap matahari sepanjang hari. Cahaya dipantulkan kembali ke puncak menara di pusat lingkaran di mana cairan didalamnya menjadi sangat panas karena sinar matahari. Cairan tersebut digunakan untuk mendidihkan air untuk menghasilkan uap guna memutar turbin dan generator yang dapat memproduksi listrik yang cukup untuk sekitar 10.000 rumah. Para ilmuwan mengatakan menara pembangkit yang lebih besar dapat memproduksi listrik untuk 100.000 sampai 200.000 rumah.
PV (sumber)
d. Sel surya atau Energi Photovoltaic (PV) bekerja yaitu ketika sinar matahari menerpa sel surya, elektron (lingkaran merah) akan terlepas menuju ke permukaan (warna biru tua) dan terjadi ketidakseimbangan elektron. Ketika dua permukaan digabungkan dengan konektor (kawat), arus listrik terjadi antara sisi negatif dan positif. Sel surya individu disusun bersama dalam modul PV dan modul ini dikelompokkan bersama dalam sebuah array. Beberapa array ditetapkan pada perangkat khusus yang mengikuti arah sinar matahari sepanjang hari. Energi listrik dari sel surya kemudian dapat digunakan langsung di rumah untuk menyalakan lampu dan peralatan rumah tangga maupun disimpan dalam baterai untuk menyalakan lampu jalan di malam hari.
2. Energi Angin
Kincir Angin (sumber)
Pembangkit
Listrik Tenaga Angin mengkonversikan energi angin menjadi energi listrik
dengan menggunakan turbin angin atau kincir angin. Energi angin yang memutar turbin angin ini kemudian diteruskan untuk memutar rotor pada generator dibagian belakang turbin angin dan menghasilkan energi listrik yang disimpan kedalam baterai untuk dimanfaatkan. Indonesia merupakan negara kepulauan, 2/3 wilayahnya berupa lautan dengan garis pantai terpanjang di dunia ± 80.791,42 Km seharusnya menjadi wilayah potensial untuk pengembangan pembangkit listrik tenaga angin. Pemanfaatan energi angin merupakan pemanfaatan energi terbarukan yang paling berkembang saat ini, dimana berdasarkan data WWEA (World Wind Energy Association), hingga tahun 2007 perkiraan energi listrik yang dihasilkan oleh turbin angin mencapai 93.85 GigaWatts, menghasilkan lebih dari 1% dari total kelistrikan secara global.
3. Energi panas Bumi (Geothermal)
Energi geothermal (sumber)
Energi geothermal merupakan energi
thermal (panas) yang dihasilkan dan disimpan di dalam inti bumi. Jumlah energi geothermal di dalam inti bumi, lebih dari kebutuhan energi dunia saat ini. Namun, sangat sedikit dari total energi panas bumi yang dimanfaatkan pada skala global kecuali hanya daerah di dekat batas-batas tektonik yang menguntungkan untuk
dieksploitasi. Pembangkit listrik geothermal saat ini beroperasi di 24 negara di seluruh dunia, dan negara yang terbesar di dunia dalam hal kapasitas instalasi energi panas bumi adalah Amerika Serikat. Pada tahun 2010 Amerika Serikat memiliki 77 pembangkit listrik tenaga panas bumi yang memproduksi lebih dari 3000 MW.
4. Energi Biomassa
Limbah Kayu (sumber)

Energi Biomassa adalah salah satu bentuk energi terbarukan yang paling tua dan mengacu pada bahan biologis yang berasal dari organisme yang belum lama mati (dibandingkan dengan bahan bakar fosil). Sumber-sumber biomassa yang paling umum adalah bahan bakar kayu, limbah dan alkohol. Cara biomassa digunakan sangat sederhana yaitu Limbah kayu, cabang pohon dan barang sisa lainnya dikumpulkan dalam truk besar dan truk-truk tersebut membawa limbah dari pabrik dan dari peternakan ke pembangkit listrik tenaga biomassa. Biomassa ditaruh di hopper besar dan dimasukkan ke dalam tungku pembakaran. Panas tersebut digunakan untuk mendidihkan air dalam boiler, dan energi uap tersebut digunakan untuk memutar turbin dan generator.

Biomassa juga dapat dimanfaatkan pada TPA (tempat pembuangan akhir) karena ketika sampah membusuk, sampah tersebut mengeluarkan gas metana. Pipa dimasukkan ke dalam area TPA dan gas metana dapat dikumpulkan dan digunakan pada pembangkit listrik untuk memproduksi listrik. Hal serupa bisa dilakukan di area peternakan yang
menghasilkan kotoran ternak, dimana ketika kotoran ternak terurai proses ini juga mengeluarkan gas metana yang sama halnya dengan sampah. Gas ini dapat dimanfaatkan di peternakan itu sendiri untuk menghasilkan energi untuk menjalankan kegiatan peternakan dan pertanian.

Menggunakan biomassa dapat membantu mengurangi pemanasan global dibandingkan dengan pembangkit berbahan bakar fosil. Tanaman menyerap dan menyimpan karbon dioksida (CO2) yang akan dilepas ketika tanaman tersebut dibakar atau membusuk. Dengan menanam tanaman yang baru, tanaman baru ini dapat menyerap CO2 yang dilepas
oleh tanaman yang membusuk sebelumnya. Sehingga dengan menggunakan biomassa dan penanaman kembali, akan membantu keseimbangan siklus karbon dioksida.

5. Energi Hidro/ Air
Cara Kerja Bendungan (sumber)

Pembangkit listrik tenaga air berarti memproduksi listrik dari tenaga air. Listrik tenaga air menggunakan energi kinetik dari air yang mengalir
untuk memproduksi listrik. Bendungan dapat dibangun untuk menghentikan aliran sungai dan air di balik bendungan akan membentuk reservoir. Bendungan juga bisa dibangun pada sungai yang lebih besar tanpa reservoir dengan hanya mengalirkan air sungai melewati pembangkit
listrik tenaga air. Air di belakang bendungan mengalir melalui area asupan dan masuk ke pipa yang disebut penstock. Air tersebut kemudian mendorong blade pada turbin, yang menyebabkan turbin bergerak. Turbin akan memutar generator untuk menghasilkan listrik yang kemudian disalurkan melalui kabel jarak jauh untuk digunakan di rumah, di sekolah, di pabrik-pabrik dan perkantoran. Pemanfaatan energi dari tenaga air ini sangat pas diterapkan di Indonesia yang memiliki banyak daerah pegunungan dan sungai.

 
#Yang dilakukan sebagai “Sobat Bumi”
Sobat adanya energi alternatif/ terbarukan tersebut tidak akan berguna secara efektif dan maksimal dalam rangka menjaga kelestarian Bumi, jika tidak ada tindakan nyata dari pribadi kita masing-masing untuk mulai menghemat energi dan menjaga lingkungan. Dan hal-hal yang dapat kita lakukan sebagai Sobat Bumi di antaranya dengan:
Sosial Media (sumber)
  • Mulai mengkampanyekan konsep “Sobat Bumi dan Energi Alternatif” ini melalui internet dan Sosial media. Saya yakin kita pasti bisa mulai menyebarkan konsep ini karena generasi kita sekarang memiliki kemudahan terhadap akses informasi sehingga memudahkan untuk bertukar pikiran dan menyuarakan pendapat selagi kita yakin terhadap kemampuan yang kita miliki. Kita sangat mungkin untuk melakukan perubahan terhadap prilaku dan paradigma masyarakat agar lebih peduli terhadap kelestarian lingkungan hidup dan energi.
  • Kampanye secara langsung pada masyarakat secara life dengan mendatangi sekolah-sekolah untuk memberikan edukasi sekaligus dukungan utamanya pada generasi muda untuk lebih sadar terhadap kelestarian lingkungan. Karena generasi muda merupakan agen of change yang diharapkan di masa kini dan mendatang akan memberikan kontribusi secara nyata dalam usaha-usaha pelestarian lingkungan dan energi.
  • Membiasakan untuk memulai menjaga dan melestarikan lingkungan hidup dari diri sendiri, dari hal yang kecil dan kita lakukan saat ini juga. Misalnya dengan mulai merubah cara berfikir untuk bertindak lebih bijak dalam memanfaatkan energi di antaranya menghemat pemakaian kendaraan bermotor, air, lampu, televisi, AC, serta alat-alat elektronik lainnya. Dengan memulai segalanya dari diri sendiri, diharapkan akan menjadi teladan paling tidak bagi orang-orang disekitar kita.
Semoga dengan semakin banyaknya Sobat Bumi, maka Bumi kita semakin lestari dan terjaga dengan baik. Karena kelestarian Bumi adalah warisan tak ternilai bagi keberlangsungan hidup suatu Bangsa, utamanya anak cucu kita di masa depan. Dan saya yakin dengan menjadi Sobat Bumi sesungguhnya kita juga turut memunculkan Nasionalisme sebagai Warga Negara Indonesia yang bertanggung jawab.
*lomba ini diikutsertakan dalam kontes blog “Sobat Bumi” yang diselenggarakan dalam rangka ’55 tahun Pertamina Sobat Bumi’
sumber:

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: