Ketika Imam Ghozali bertanya pada Muridnya

al-ghozaliImam Ghozali seroang ulama dengan talenta luar biasa, beberapa karyanya menjadi masterpiece dalam mengawal umat menuju kondisi terbaiknya. Banyak sekali ajaran-ajaran Imam ghozali yagn merupakan hasil pemikiran, perenungan, pemahaman dan kontekstualisasi serta penerjemahan dalam bahasa praktis yagn bersumber dari Alquran dan Hadits. Berikut adalah sebagian dari kisah masyhur dari Imam ghozali, sebagaimana kami kutip dari selembar kertas yang tidak sengaja kami temukan ketika melaksanakan shalat di mushola kampus dan tidak jarang pula kami mendengarnya dari Ustadz dan sahabat yang senantiasa bekerjasama untuk menjaga akhlak agar senatiasa terjaga dan terus mulia. Berikut kisah tentang Imam Ghozali ketika bermuwajahah dengan para muridnya, kemudian beliau melontarkan enam pertanyaan yang menarik, sederhana dan mengena …. berikut beberapa pertanyaan beliau tersebut.

1. Apa yang paling dekat di dunia ini?
Para murid menjawab: orang tua, saudara kandung, isteri, sahabat, kekasih.
Imam Ghozali menjelaskan: semua jawaban itu benar, namun ada yang lebih dekat yakni kematian. Di manapun, kapanpun dan dalam kondisi apapun kematian dapat menghampiri kita.

2. Apa yang paling jauh di dunia ini?
Para murid menjawab: Negeri Cina, Matahari, bulan, bintang.
Imam Ghozali menjelaskan: semua jawaban itu benar, namun ada yang lebih jauh yakni masa lalu. Sehebat apapun kita, tidak dapat bertemu lagi dengan masa yang telah berlalu, meskipun hanya beberapa detik yang lalu. Karena itu manfaatkan setiap kesempatan dan waktu yang ada dengan sebaik-baiknya untuk memperoleh ridlo Allah sehingga setiap umur dalam kehidupan kita lebih maksimal dan lebih bermakna.

3. Apa yang paling Besar di dunia ini?
Para murid menjawab: Gajah, bukit, gunung, bumi, matahari .
Imam Ghozali menjelaskan: semua jawaban itu benar, namun ada yang lebih besar yakni hawa nafsu.Hawa nafsu banyak menutup mata hati seseorang sehingga ia tidak bisa melihat kebenaran, demikian pula dapat membuat seseorang melawan dan menerjang segala sesuatu yang menghalanginya dengan hilangnya logika akal yang telah dikaruniakan Allah kepadanya.

4. Apa yang paling Berat di dunia ini?
Para murid menjawab: Batu besar, Besi, kayu besar.
Imam Ghozali menjelaskan: semua jawaban itu benar, namun ada yang lebih berat yakni menjaga/melaksanakan amanah. Hewan, tumbuhan, gunung dan seluruh isi alam raya menyatakan ketidaksanggupannya menerima tawaran Allah SWT, untuk menjadi khalifah di bumi, namun manusia dengan kepercayaan dirinya menerima tantangan tersebut, dan kini banyak kita lihat manusia yang tidak mampu menjalankan amanah yang diberikan Tuhannya dengan gemar melakukan apa yang diarangNya serta melalaikan perintahNya.

5. Apa yang paling ringan di dunia ini?
Para murid menjawab: kapas, angin, debu.
Imam Ghozali menjelaskan: semua jawaban itu benar, namun ada yang lebih ringan yakni meninggalkan sholat. Tidak sedikit umat yang melalaikan kewajibanNya atas TuhanNya karena kesibukan dunia, pekerjaan, dan bersenang-senang.

6.Apa yang paling tajam di dunia ini?
Para murid menjawab dengan serempak: pedang.
Imam Ghozali menjelaskan: jawaban itu benar, namun ada yang lebih tajam yakni lidah yang tidak terjaga. Dengan kata-kata seseorang dapat menyayat dan mencabik-cabik hati serta perasaan orang lain.

Aku menemukannya di sebuah lembar masukan oleh HMTE (elektro) UII.
Yogyakarta, 15 September 2008
caksyam

Ditulis dalam Kisah. Tag: , . Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: