creatio ex nihilo

Creatio ex nihilo, secara tidak sengaja terdengar istilah yg konon berbau filsafat ini. artinya “Membuat dari tidak ada” [klo gak salah sih…]. mendengar kata-kata ini sekilas teringat tentang pesan para Ulama “Tahkollaquu bikholqillah”, lho kok bisa?….. berikut penjelasannya:
Arti pesan para Ulama di atas adalah menganjurkan umat islam untuk senantiasa berdzikir disertai beramal sebagai bentuk satu kesatuan batin atas badan, niat dan perbuatan, iktikad baik dan amalan. dengan mengingat Allah melalui nama-namanya yang agung [Asma’ul husna], diharapkan seseorang dapat bersikap dan berakhlak yang agung pula. contoh sederhana ketika seorang hamba berdzikir dengan mengucapkan “yaa Quddus”, hendaknya ia juga berusaha menjaga kesucian apa yang dikaruniakan Allah kepadanya, mulai dari cara memperoleh rizki, kondisi badan, pakaian sampai niat dalam hati, hendaknya senantiasa suci….
Dari sekian banyak Asma Allah [yg 99], terdapat salah satu yang berbunyi “Al Badii'” yang secara lafdziyah diartikan sebagai “Dzat yang menciptakan dari tidak ada”. Dalam bahasa arab, dengan bentuk masdar [ibda’ – akhiran pake ‘ain] diartikan dengan “Kreatif”.
Untuk hal yang terakhir ini, beberapa ulama memberikan masukannya, bahwa seorang muslim bisa lebih sukses dalam segala hal [belajar, berusaha, bekerja] dengan berdzikir/mengingat Allah seraya menyebut Asma/nama-Nya yang mulia [yakni Al-Badi’] dengan diimplementasikan dalam perbuatan yang penuh kreatifitas, inovasi dan terus diperbarui [ada ijazahnya lo……]. semoga kita semua dipermudah dalam segala hal dengan kreatifitas yang merupakan anjuran termaktub dan tersirat ini.
Wallahu a’lamu bishowab….smoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: